Minggu, 20 Oktober 2013


ICT (Information Communication Technology) merupakan sebuah bidang terbaru yang saat ini tengah ramai diperbincangankan oleh semua kalangan masyarakat di dunia. Tak ada satu pun orang yang dapat menolak kehadirannya dalam kehidupan di zaman era globalisasi seperti saat ini, melainkan tergiur untuk tenggelam di dalamnya dan menikmati segala fasilitas aplikasi yang tersedia di dalam gadget-nya. ICT ini tercipta untuk membantu manusia dalam berkomunikasi dengan manusia lainnya, maka dari itu para ahli selalu berinovasi dalam menciptakan teknologi yang terbaru dengan update-an fungsi yang baru juga.
         
Saat ini, ICT banyak digunakan di sektor pendidikan, bisnis, hiburan, dan sebagainya. Semakin banyak sektor yang memanfaatkannya, maka semakin banyak pula kemungkinan akan dampak yang bisa kita peroleh dari pemanfaatannya, bisa dari segi positif mau pun negatif terhadapan kehidupan kita. Dampak positif yang bisa kita dapatkan salah satunya, yaitu dengan adanya ICT wawasan pengetahuan kita bisa menjadi lebih luas, sedangkan salah satu dampak negatifnya, ialah menjadi ketergantungan untuk menggunakannya setiap saat dalam kehidupan sehari-hari sehingga malas untuk mengandalkan diri sendiri.
          Kali ini, sektor pendidikan lah yang sangat lebih  terlihat intensitasnya untuk menggunakan ICT dalam pengajarannya, terutama tentang bentuk mengajar yang digunakan oleh para pengajar. Dengan lahirnya ICT, mengajar dapat terasa lebih praktis dan sangat membantu para pelajar/ mahasiswa untuk memahami materi pengajaran, misalnya memanfaatkan aplikasi Microsoft Power Point yang ditampilkan menggunakan teknologi proyektor kemudian dipantulkan melalui layar besar. Di sana tertampil berbagai macam isi, mulai dari tulisan samapai dengan gambar-gamabr yang berkaitan dengan materi, tetapi tetapi menarik untuk dilihat. Selain itu, seluruh pelajar atau mahasiswa menjadi terdidik sejak dini agar tidak buta terhadap kemajuan teknologi di dunia, karena jika dilihat-lihat ke depannya, seluruh negara di penjuru dunia akan meenggunakan teknologi-teknologi yang akan semakin bervariasi dan canggih tentunya baik dari segi bentuk fisik ekternalnya, mau pun internalnya, maka dari itu  jikalau semenjak dini para pelajar tak dituntut untuk mempelajarinya, bisa saja mereka menjadi masyarakat yang pasif karena tak mengerti apa-apa mengenai teknologi sehingga kini pembelajaran dengan sistem ICT seperti itu telah menjadi kebiasaan baru bagi seluruh pengajar dan pelajar.
          Selain itu, dalam dunia pendidikan, ICT telah para pelajar pula agar dengan mudahnya bisa mendapatkan sumber informasi atau pengetahuan yang lebih luas melalui media online yang tersedia atau buku elektronik yang telah diciptakan oleh para orang pintar di dunia sehingga lebih tertarik untuk belajar, karena sesuai fakta yang telah dikatakan bahwa manusia lebih senang atau pikiran lebih akan menjadi lebih mudah menerima sesuatu apabila menggunakan visualisasi yang ditangkap oleh panca indera berupa dua buah bola mata secara langsung, misalnya gambar.
          Jika kita melakukan tapak tilas secara singkat terhadap ICT, sebelum abad ke – 20, bidang ICT belum terdengar secara meluas sampai ke ujung dunia, melainkan baru sekedar beberapa kalangan saja yang memahami bidang tersebut sehingga mengadopsinya dalam kehidupannya. Hingga saat ini, kehidupan ICT malah semakin meningkattingkat kualitas produknya dan kuantitas penggunanya.  Hal itu menunjukkan bahwa ICT telah berhasil untuk  mempengaruhi keberadaan hidup manusia di abad yang modern ini. Produk-produk ICT semakin bertebaran di mana pun, para penikmat pun juga semakin bertambah banyak jumlahnya, mereka bebas memilih teknologi komunikasi informasi man ayang akan mereka gunakan sesuai kebutuhannya masing-masing tanpa perlu dibatasi oleh pihak mana pun.
          Lalu, ICT telah melahirkan istilah baru bagi kehidupan di bidang bisnis atau ekonomi, yaitu E-Commerce. Arti istilah tersebut bila secara harafiah yaitu  E= electronik, commerce = perdagangan, maka bila digabungkan menjadi perdangan elektronik. E-Commerce adalah sebuah istilah umum mengenai teknologi yang lebih merujuk kepada tentang hal menjual dan membeli suatu produk atau jasa yang tersedia dalam media internet atau jaringan komputer yang ada. Pada umumnya, E-commerce mempertimbangakan berbagai hal yang ada kaitannya dengan aspek penjualan di bidang bisnis. Hal itu juga bisa berisikan tentang bagaimana transaksi bisnis dapat berlangsung secara online tanpa harus selalu bertatapan muka secara langsung. Para pengusaha juga bisa melakukan investasi dalam jumlah yang cukup banyak. Hal itulah yang membuat hampir sebagian besar masyrakat di dunia tertarik untuk memanfaatkannya, misalnya membuka  online shop, menyediakan jasa untuk mengunduh lagu-lagu terbaru, dan lain sebagainya. E-commerce ini menunjukkan dengan adanya modal yang sedikit, para pengguna bisa meraup keuntungan yang banyak.
          Bisa kita ambil contoh, akun facebook. Dengan menggunakan media jejaring sosial yang sederhana tersebut, ternyata para pemilik akun bisa melakukan banyak hal selain menjalin hubungan soial dengan teman-temannya, yaitu menjalankan bisnis atau usaha kecil-kecilan secara online, misalnya membuka toko baju, sepatu, contact lens, kosmetik, dan lain-lain. Pada salah satu web yang pernah saya baca, di sana dikatakan bahwa suatu saat nanti Facebook akan segera menjadi sebuah halaman pekerjaan yang mempunyai sangat banyak akun pengguna. Hal itu menunjukkan bahwa nanti ke depannya e-commerce akan memberi peluang bisnis yang cukup cerah, karena kini kebanyakan masyarakat lebih suka mendapatkan barangnya secara cepat tanpa harus sampai merasa lelah mengelilingi toko-toko yang berdiri megah demi mendapatkan sesuatu yang dibutuhkannya kalau saja memang kualitas yang diberikan oleh para pemilik e-commerce sama dengan produk atau jasa yang dimiliki oleh toko-toko tersebut.
          Apakaha kerawanan akan masih terjadi terhadap ICT ? Ya, karena ternyata masih banyak tantangan yang harus dilalui terlebih dahulu jikalau ingin memang secara utuh menguasi dunia komunikasi dan informasi di dunia. Beberapa tantangan tersebut, terdiri atas.
1.   Hasil Karya Anak Bangsa
     ICT memang telah berkembang secara pesat ke penjuru dunia dan tak dapat dihindari lagi bagi kehidupan manusia. Namun, tak luput dari ketidaksempurnaan. Maksudnya adalah bahwa ICT masih harus berjuang untuk lebih unggul dibandingkan dengan hasil karya yang telah diciptakan leh anak-anak bangsa, karena tanpa disadari bahwa anak bangsa memiliki kemungkinan untuk menciptakan teknlogi yang lebih canggih lagi untuk mengungguli ICT yang sedang boom-ing.
2.   Perkembangan Bangsa
     ICT harus mampu untuk menjadi pendorong bagi pemerintah sehingga menuju kepada sistem pemerintahan yang transparansi. Maka, jika pemerintah menjadi transparan setelah menggunakan kecanggihan ICT, maka masyarakat menjadi tahu apa saja sebenarnya yang dilakukan oleh para pemimpin mereka kala itu.
3.   Bahasa Manusia
     Biasanya manusia lebih mudah untuk memahami kode-kode bahasa yang diberikan oleh sesama manusia, karena hal tersebut dapat tersampaikan dengan jelas kepada manusia lainnya. Biasanya, manusia tak suka dengan bahasa-bahasa yang rumit, seperti bahasa pemrograman komputer. Maka dari itu, jika ICT ingin lebih unggul, ia harus membuat dirinya menjadi lebih menarik dan tak terlihat memusingkan.
Itulah kira-kira tantangan utama yang sebaiknya segera dipikirkan bagaimana cara mengatasinya oleh ICT di masa yang akan datang.
          ICT telah banyak juga digunakan oleh para pemilik mobile phone di man apun. Mengapa? Karena dengan hadirnya ICT dalam telepon genggam, hal tersebut lebih memudahkan masyarakat lagi untuk memperoleh informasi yang terbaru. Selain itu, dengan telepon genggam pun, kita dapat mengases website mana pun sesuai dengan kebutuhan yang kita punya.
          ICT juga telah memunculkan banyak peluang karir bagi para calon wirausahawan, misalnya menjual produk-produk kualitas terpercaya secara online, lalu menjadi guru atau dosen ICT di bidang pendidikan, lalu dapat dengan mudahnya jika kita sebagaia penulis dapat dengan mudahnya membagikan informasi-informasi yang dimiliki dengan cepat juga. Masih banyak lagi peluang karis yang akan bisa diperoleh jikalau ICT selalu dan selalu berkembang setiap tahunnya. Maka, dapat disimpulkan bahwa kehidupan ICT yang selalu berkembang dapat memberikan perubahan yang lebih canggih dengan teknologi atau gadget-gadget yang menarik untuk dikonsumsi masyarakat. Hidup ICT =  Hidup Kecanggihan !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar